Senin, 14 Februari 2011

KARYA TULIS ILMIAH TOMAT SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENGHILANGKAN BINTIK HITAM PADA WAJAH




Kata Pengantar

        Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Alhamdulillah sebuah karya tulis yang berjudul “ Tomat Sebagai Alternatif Untuk Menghilangkan Bintik Hitam Pada Kulit Wajah “ dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan ini dapat di selesaikan.
          Tujuan dari terbentuknya karya tulis ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yangt mungkin dapat bermanfaat bagi para pembaca, serta dapat memahami bahwa semua yang diciptakan Tuhan pasti ada manfaat dan tujuannya.
          Mudah – mudahan karya tulis ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi para pembaca serta memberikan inspirasi agar tetap semangat dalam mencari peluang dalam segala hal.
          Akhir kata, demi kesempurnaan karya tulis ini, saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.


                                                                             Penyusun


                                                                            M. Bachtiar Arifin



DAFTAR ISI

 
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI 
     BAB I PENDAHULUAN 
A. LATAR BELAKANG MASALAH
B. RUMUSANMASALAH
C. TUJUANPENELITIAN
D. MANFAAT PENELITIAN
     BAB II LANDASAN TEORI
A. HAKIKAT MANFAAT BUAH TOMAT
B. MUNCULNYA BINTIK HITAM PADA WAJAH
      
     BAB III METODE PENELITIAN 
     BAB IV HASIL PENELITIAN
A. MUNCULNYA BINTIK HITAM PADA WAJAH
B. MENGATASI BINTIK HITAM PADA WAJAH 
     BAB V PENUTUP
A. KESIMPULAN
B. SARAN


TOMAT SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENGHILANGKAN BINTIK HITAM PADA KULIT WAJAH

BAB I
PENDAHULUAN
     A.  Latar Belakang Masalah

Akhir – akhir ini , pengaruh dari pemanasan global telah mempengaruhi cuaca di Negara kita. Ketika siang hari cuaca menjadi sangat panas akibat dari pemanasan global dan lapisan ozon yang semakin menipis. Hal tersebut sangat berbahaya bagi diri kita, karena sinar ultra violet dapat saja menembus lapisan ozon dan akan berdampak buruk pada kesehatan kulit kita, terutama kulit wajah.
          Sinar ultra violet memang sangat berbahaya bila terkena kulit, karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Sinar ultra violet juga dapat menimbulkan bintik hitam pada kulit wajah. Padhal masalah wajah menjadi masalah yang cukup bahkan sangat penting bagi kita, terutama para wanita. Bintik hitam pada wajah merupakan musuh paling menakutkan bagi wanita karena dapat membuat mereka tampil tidak percaya diri.
          Selama ini para wanita banyak yang menghiraukan kulit wajah mereka akibat dari mahalnya perawatan kesehatan kulit wajah. Padahal, jika dibiarkan terus – menerus dan tidak dirawat kulit wajah akan rusak dan bahkan dapat menimbulkan kanker. Dari kasus tersebut, tomat yang mengandung zat lycopene sangat banyak dapat dijadikan yang efektif dan efisien untuk mengatasi masalah bintik hitam pada kulit wajah. Biaya yang murah menjadikan tomat sangat efektif dan efisien untuk mengatasi bintik hitam pada kulit wajah ditengah – tengah mahalnya kebutuhan pokok, barang – barang, serta biaya kesehatan yang semakin mahal akibat dari krisis ekonomi yang terjadi di Negara kita. Jadi, tidak ada salahnya jika kita mencoba yang murah tapi sangat efektif dan lebih efisien.


     B.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan permasalahn sebagai berikut          :
    1.   Bagaimana proses munculnya bintik hitam pada kulit wajah ?
    2.   Bagaimanakah cara mengatasi bintik hitam pada kulit wajah ?

    C.  Tujuan Penelitian

Sesuai dengan permasalahan diatas, tujuan dari penelitian ini adalah:
    1.   Mendeskripsikan proses munculnya bintik hitam pada wajah.
    2.   Mendeskripsikan cara mengatasi bintik hitam pada wajah.

    D.  Manfaat Penelitian

Penelitian ini mempunyai manfaat sebagai berikut :
    1. Bagi para wanita, penelitian ini dapat di jadikan sebagai alternatif untuk perawatan kesehatan kulit wajah.
   2. Bagi para peneliti, penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk menciptakan obat untuk perawatan kesehatan kulit wajah yang efektif dan tidak mempunyai efek samping.
   3. Bagi para penyuluh, penelitian ini dapat dijadikan bahan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat khususnya para wanita tentang cara merawat kesehatan kulit wajah dengan biaya yang murah tapi sangat efektif dan efisien.
    4.   Bagi para peneliti, penelitian ini dapat dijadikan kajian awal untuk melakukan penelitian lanjutan.

BAB II
LANDASAN TEORI


    A.  Hakikat Manfaat Buah Tomat

Tomat adalah tanaman yang paling mudah dijumpai, selain kaya akan vitamin C dan A, tomat juga dapat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ada dua jenis tomat, yaitu tomat buah dan tomat sayur. Tomat buah adalah tomat yang berbentuk lonjong dan kulitnya tebal. Sedangkan tomat sayur adalah tomat yang berbentuk bulat dan kulitnya tipis. Tomat buah biasanya dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu dan memiliki daya tahan yang lama. Sedangkan tomat sayur biasanya dikonsumsi sebagai bahan campuran pada sayuran yang dimasak dan tomat sayur lebih cepat membusuk.

Tomat yang memiliki nama lain Lyopercisium esculentum ini pada mulanya ditemukan disekitar Peru, Ekuador, dan Bolivia, kemudian menyebar hingga ke Asia Tenggara. Tomat memiliki dua warna, yaitu warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan Vitaminnya. Menurut seorang Dokter Gizi yang bernama Dr. Leane Suniar Mamurang, Msc. “ Tomat yang baik untuk dikonsumsi adalah tomat yang berwarna merah, karena tomat yang berwarna merah mengandung vitamin C dan A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang berwarna hijau.

Selain untuk masakan tomat juga banyak digunakan untuk makanan seperti jus, sup, pasta dan lain – lain. Rasanya yang sedikit asam dapat meningkatkan selera makan. Menurut penelitian Dr. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti manfaat tomat, pada November 1834, menunjukan bahwa tomat dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti diare, serangan empedu, gangguan pencernaan, dan memulihkan fungsi lever. Peneliti lain Rowett Research Institute di Aberden, Skotladia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya, menurutnya gel yang berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Tomat juga banyak mengandung zat Lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan Radikal bebas dalam tubuh akibat dari polusi dan sinar Ultra Violet matahari. Selain itu Lycopene juga dapat menghaluskan kulit wajah dan menghilangkan bintik hitam pada kulit wajah akibat terkena sinar Ultra Violet. Memang, Lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat.
  1. Munculnya Bintik Hitam Pada Wajah
Bintik hitam pada wajah adalah musuh paling menakutkan bagi wanita, karena dapat membuat mereka tampil kurang percaya diri. Bintik hitam pada kulit wajah biasanya muncul akibat terkena sinar Ultra Violet matahari secara langsung. Hal ini dapat berbahaya terhadap kesehatan kulit wajah jika dibiarkan secara terus - menerus dan tidak melakukan perawatan, karena dapat menyebabkan kulit wajah rusak dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Dalam hal ini, tomat dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah, karena tomat mempunyai zat Lycopene yang dapat menghancurkan Radikal bebas akibat sinar Ultra Violet.

BAB III
METODE PENELITIAN

A .  Tempat dan waktu penelitian
Penelitian ini dilakukan di Tegal, Jawa Tengah, pada tanggal 27 Januari – 7 februari 2011.

B .  Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah buah tomat.

C .  Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian berupa tomat yang sudah dihancurkan atau di haluskan sampai lembut.

D .  Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian menggunakan langkah – langkah sebagai berikut:
1 .  Memilih beberapa tomat yang berwarna merah.
2 .  Menghaluskan tomat tersebut sampai lembut.
3 .  Memasukan 1 sendok makan putih telur kedalam tomat yang sudah dihaluskan tersebut.
4 .  Mengoleskan pada wajah dan mendiamkan sekitar 10 – 30 menit.
5 .  Melakukan pengamatan setelah manggunakan masker tomat dalam beberapa hari.


BAB IV
HASIL PENELITIAN

A .  Munculnya Bintik Hitam Pada Kulit Wajah

Bintik hitam pada wajah adalah musuh yang paling ditakutkan para wanita, karena dapat membuat mereka tampil kuran percaya diri. Bintik hitam pada wajah biasanya muncul akibat terkena sinar Ultra Violet secara langsung. Jika dibiarkan secara terus – menerus dan tidak melakukan perawatan, bintik hitam pada wajah akan semakin banyak sehingga menyebabkan kulit wajah rusak dan bahkan dapat menyebabkan kanker.  Sinar ultra violet memang sangat berbahaya jika terkena kulit kita, apalagi jika terkena wajah. Ole karena itu, kita harus bias menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah kita.

B .  Mengatasi Bintik Hitam pada Wajah

Banyak cara untuk mengatasi bintik hitam pada wajah, tapi yang paling efektif dan efisien adalah dengan menggunakan masker tomat. Karena selain efektif dan efisien, menggunakan tomat sebagai masker wajah juga tidak memerlukan biaya yang mahal.

Tomat dapat dijadikan alternatif untuk menghilagkan bintik hitam pada wajah adalah karena tomat mengandung zat Lycopene yaitu zat antioksidan yang dapat menghancurkan Radikal bebas akibat polusi udara dan sinar ultra violet.

Cara membuat masker tomat untuk mengatasi bintik hitam pada wajah adalah dengan memilih tomat merah yang bagus, menghancurkan atau menghaluskan tomat tersebut sampai halus, kemudian masukan 1 sendok makan putih telur pada tomat yang sudah dihaluskan tersebut, lalu oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 10 – 30 menit. lakukan hal itu secara rutin setiap hari , maka bintik hitam pada wajah akan hilang dan juga kulit wajah akan menjadi halus.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, pilihlah tomat yang berwarna merah, hal itu karena tomat yang berwarna merah memiliki kandungan zat Lycopene lima kali lebih banyak dari pada tomat yang berwarna hijau. Dengan demikian hasil yang diperoleh setelah menggunakan masker tomat secara rutin setiap hari tidak sia – sia dan akan lebih memuaskan.


BAB V
PENUTUP

A .  Kesimpulan

Berdasarkan permasalahan dan penelitian diatas, dapat disimpulkan sebagai berikut :

1 .  Bintik hitam pada wajah muncul akibat terkena sinar ultra violet matahari secara langsung.

2 .  tomat mengandung zat Lycopene, yaitu zat antioksidan yang dapat menghancurkan Radikal bebas akibat polusi udara dan juga sinar ultra violet dapat digunakan untuk mengatasi bintik hitam pada wajah serta dapat menghaluskan kulit wajah.






B .  Saran

Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini adalah :


1 .  Para wanita maupun laki - laki dapat memanfaatkan penelitian ini untuk mengatasi bintik hitam pada wajah serta untuk menghaluskan kulit wajah.

2 .  Para peneliti dapat menjadikan penelitian ini sebagai dasar untuk menciptakan masker wajah yang lebih efektif dan efisien serta tidak berefek samping.

3 . Para penyuluh dapat menjadikan penelitian ini bahan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat khususnya wanita tentang merawat kesehatan wajah yang efektif dan efisien serta tidak perlu biaya yang mahal.

4 .  penelitian ini dapat dijadikan dasar sebagai kajian awal untuk melakukan penelitian lebih lanjut.


6 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks

Anonim mengatakan...

makasih yah...

Anonim mengatakan...

wah ternyata tomat banyak manfaatnya

tanti mengatakan...

thanks yah

Anonim mengatakan...

thank

Unknown mengatakan...

Ini tidak ada daftar pustakanya ya